Recent Entries

a

Popular Posts

b

Recent Comments

as

Ciri - Ciri Bidat Kristen

Labels: 1 comments

Dengan mengetahui "ciri-ciri Bidat" diharapkan setiap kita tidak mudah untuk menghakimi atau memberikan "Stigma Bidat" kepada golongan-golongan tertentu dari ke'Kristenan yang memiliki pandangan yang berbeda dengan kita. Hal tersebut sering kali saya dengar ada banyak saudara-saudara seiman yang dengan mudahnya mengatakan bahwa golongan tertentu adalah sesat atau bidat hanya dikarenakan pandangan yang berbeda dalam menafsirkan kebenaran.

Kali ini saya akan membagikan pengetahuan yang saya miliki selama belajar pengetahuan tentang bidat, baik secara otodidak maupun lewat pendidikan formal di sekolah teologia, mengenai ciri-ciri suatu golongan bisa di kategorikan sebagai "golongan bidat ataupun golongan sesat"


Ciri-ciri Bidat:
  1. Menyatakan kebenaran yang baru ( ilham atau wahyu baru dan kitab suci baru; kita harus mengerti bahwa tidak ada yang namanya ilham atau wahyu baru dan kitab suci baru)
  2. Penafsiran yang bertentangan dengan pernyataan Kitab Suci dan doktrin gereja (Pendiri Children of God menafsirkan bahwa Yesus lahir dari hasil hubungan seks antara Allah dengan perawan Maria; Yesus juga dikatakan selama hidup di dunia pernah melakukan hubungan seks dengan beberapa wanita, yang di antaranya adalah Maria, Marta, Maria Magdalena, dll)
  3. Memiliki sumber otoritas yang Non-Alkitabiah (beberapa bidat memakai buku-buku yang dikarang pemimpin mereka sebagai sumber otoritas untuk menggantikan Alkitab)
  4. Tidak mengakui kanonisasi Kitab Suci sebagai satu-satunya sumber kebenaran
  5. Mengkultuskan pimpinan bidat
  6. Tidak mengikuti ajaran kristen yang sudah ditetapkan lewat doktrin orthodoks (Menyangkal ke'Tuhanan dan kemanusiaan Yesus, menolak doktrin Tritunggal, menolak pembenaran oleh iman, menolak doktrin Alkitab yang sah, dll)
  7. Menyangkal Yesus Alkitabiah (Menyebarkan cerita tentang "yesus yang lain")
  8. Tidak ada didalam kesatuan gereja yang Am dan Kudus (gereja yang sah)

Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa suatu golongan bisa dikatakan sesat, jika ditidak memiliki dua dasar pijakan, yaitu: Alkitab dan Doktrin Orthodoks.
Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan kepada saudara-saudari seiman, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya. God Bless Us..!!!

1 Response to "Ciri - Ciri Bidat Kristen"

Anonim mengatakan...

Untuk masalah pembayaran sepertinya melalui credit card. tapi coba aja liat di http://www.co.cc/affiliates/affiliates.php

Makasih udah mampir ^_^

Post a Comment